Background

Pengelompokan Makhluk Hidup dalam 5 Kingdom

 -->


 
Kingdom Monera

Bekteri merupakan organisme anggota Monera. Monera mempunyai ukuran tubuh yang sangat kecil. Monera merupakan bentuk kehidupan paling sederhana yang pernah ada. Organisme ini tersusun oleh sel prokariotik dan mampu bergerak aktif, yaitu sel yang tidak mempunyai membran / selaput inti (nukleus). Monera terdiri lebih dari 4.000 spesies. Di antaranya banyakdimanfaatkan oleh manusia, misalnya untuk menghasilkan vaksin, antibiotik, dan ada beberapa yang dapat menambah kesuburan tanah. Namun, ada juga anggota Monera yang memnyebabakan penyakit, misalnya TBC, tifus, dan kolera. 

Beberapa anggota Monera membutuhkan bahan organik dari lngkungan hidupnya sehingga dinamakan heterotof. Contohnya Salmonella. Sedangkan anggota Monera lainnya mempunyai klorofil sehingga dapat membuat zat organik sendiri (bersifat autotrof). Contohnya Anabaena sp. yang bermanfaat bagi manusia karena mampu mengikat nitrogen dari udara sehingga tanah menjadi subur. 


Kingdom Protista 

Agar-agar merupakan salah satu pemanfaatan dari anggota Protista. Agar-agar adalah makanan yang terbuat dari rumput laut. Rumput laut dapat membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis, sifat ini seperti sifat yang dimiliki tumbuhan. Bedanya dengan tumbuhan adalah pada susunan tubuhnya. Tubuh rumput laut berupa talus dan tidak dapat dibedakan antara akar, batang dan daun. Jenis rumput laut untuk membuat agar-agar antara lain Sargassum dan Euchema. 

Beberapa anggota Protista lain adalah Euglena dan Paramaecium. Kedua organisme tersebut mempunyai sifat seperti hewan karena mampu bergerak aktif. Euglena bergerak menggunakan bulu cambuk dan Paramaecium menggunakan bulu getar yang terdapat diseluruh permukaan tubuhnya. Kedua jenis hewan tersebut banyak terdapat di perairan. 


Kingdom Fungi
Fungi biasa disebut juga jamur. Tubuh Fungi berupa talus yang biasanya berupa benang-benang bercabang yang disebut hifa. Kumpulan hifa yang membentuk tubuh jamur dinamakan miselium. Bentuk tubuh Fungi mirip tumbuhan. Namun, tidak mempunyai klorofil sehingga tidak dapat membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Fungi memperoleh makanan dengan cara menyerap zat organik dari sekelilingnya melalui hifa. Sebagianbesar Fungi hidup pada organisme yang telah mati, tetapi ada pula yang parasit pada organisme lain. Fungi berkembang biak dengan spora. 

Beberapa jenis jamur dapat dikonsumsi sebagai bahan makanan. Namun, jangan memasak jamur yang bekum dikenal karena ada jenis jamur yang menyebabkan keracunan. Jamur yang dapat dikonsumsi manusia umumnya sudah dibudidayakan, seperti jamur merang.

Ada anggota jamur yang berukuran mikrokopis dan ada yang berukuran besar. Jenis jamur yang berukuran mikrokopis, contohnya ragi (Saccharomyces cerevisiae). Jamur tersebut sering dimanfaatkan dalam pembuatan tapai dan roti, selain itu ada juga jamur tempe (Rhizopus sp.). Contoh anggota Fungi yang berukuran besar, antara lain jamur kayu, jamur kuping, dan jamur merang. 


Kingdom Animalia
Kingdom Animalia juga disebut dunia hewan. Hewan di alam ini sangat beranekaragam. Ada yang bertubuh besar, berbulu, atau berambut. Ada yang hidup di pohon-pohon dan ada pula yang di air. Tubuh hewan terdiri atas banyak sel (multiseluler) dan mudah diamati dengan mata biasa. Hewan merupakan organisme eukariotik. Reproduksinya ada yang secara seksual maupun aseksual. Hewan memperoleh makanan dari makhluk hidup lain (heterorof). 

Kingdom Plantae 

Kingdom Plantae sering disebut "Dunia Tumbuhan". Anggota kingdom ini terdiri atas berbagai jenis tumbuhan. Tumbuhan merupakan organisme eukariotik yang multiseluler. Reproduksinya dapat secara seksual, maupun aseksual. Tumbuhan bersifat autotrof karena mampu mambuat makanan sendiri malalui proses fotosintesis. Kingdom ini mendapat julukan "Produsen Dunia". Anggota kingdom Plantae umumnya bersifat makrokopis.

Categories: Share

Leave a Reply